Langsung ke konten utama

Orang Sukses Tak Pernah Berhenti Membaca

Tingkatkan kinerja Anda, tingkatkan keterampilan Anda dan terapkan strategi orang-orang yang berprestasi tertinggi saat ini


Jika membaca kisah-kisah orang kaya dan sukses seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau Warren Buffet, Anda akan menemukan satu kesamaan pada diri mereka: membaca.

Mereka tidak pernah melewatkan sehari pun tanpa membaca.

Bill Gates membaca setidaknya satu buku dalam seminggu, Oprah Winfrey sangat percaya akan kekuatan membaca hingga ia mendirikan klub bukunya sendiri, raja sosial media Mark Zuckerberg membaca buku setiap dua minggu, dan Warren Buffet menggunakan 80% dari waktu bekerjanya untuk membaca, sehingga ia bisa melahap 600-1000 halaman dalam sehari.

Inilah beberapa alasan yang membuat para orang kaya dan sukses tidak pernah berhenti membaca.


  • Membaca dapat meningkatkan fokus

Fokus pada pekerjaan anda akan mempercepat penyelesaiannya.

Rasanya sulit bisa fokus di era digital yang hiruk pikuk dengan brondongan pesan WA, email, dering ponsel di setiap menit waktu kita yang terbatas ini.

Padahal saat membaca sangat membutuhkan fokus. Anda harus memaksa diri untuk fokus, perhatian, dan pikiran meski hanya beberapa menit. Karena terbiasa membaca dapat membantu Anda melatih fokus, meski itu hanya 15 atau 20 menit saja sehari.

 

  • Membaca adalah proses belajar berkelanjutan

Pendidikan formal sampai ke jenjang kesarjanaan bukanlah faktor utama yang bisa mengantarkan Anda menjadi kaya. Anda pasti sudah sering mendengar cerita orang-orang sukses walaupun tidak menyelesaikan pendidikan formal mereka. Sukses bukan tentang seberapa tinggi pendidikan anda, melainkan  inovasi, determinasi, dan kreativitas seseorang berperan lebih besar.

Dengan banyak membaca Anda dapat mempelajari sesuatu yang tidak pernah diajarkan di bangku sekolah.

Membaca merupakan sebuah proses belajar berkelanjutan mengenai hal-hal yang belum pernah Anda tahu sebelumnya.

Terus belajar sepanjang umur karena dunia mengalami perubahan setiap hari. Orang sukses selalu tahu berita terkini dan apa yang sedang terjadi di dunia luar.


  • Belajar dari pengalaman hidup orang lain

Buku menceritakan dan menuliskan banyak kisah, termasuk perjalanan hidup seseorang. Membaca biografi orang sukses dapat memberikan manfaat yang besar.  Dengan membaca tentang sejarah seseorang, Anda akan belajar dari kesalahan-kesalahan yang mereka buat yang ketika Anda terapkan dalam hidup Anda mampu menghindari kesalahan-kesalahan yang sama  .

Orang sukses juga belajar dari ratusan kesalahan yang mereka perbuat. Dari kesalahan itulah mereka tumbuh dan berkembang.


  • Membaca merupakan refleksi diri

Salah satu makna positif dari kebiasaan membaca adalah bagaimana kita bisa merenungkan diri kita maupun lingkungan sekitar. Membaca memberikan tantangan tersendiri bagi diri Anda. Ketika Anda menemukan buku yang tepat, mau tidak mau Anda akan dipaksa untuk merenungkan apakah tindakan yang Anda lakukan selama ini tepat, mengenai masyarakat dalam aspek tertentu, dan apakah Anda sudah melakukan apa yang diajarkan oleh buku tersebut.

Merenung dan merefleksi diri adalah cara yang tepat untuk membantu seseorang menjadi sukses dan kaya. Seseorang akan terus memperbaiki diri, menyadari hal-hal yang salah dalam tindakan dan kehidupan mereka melalui buku-buku yang mereka baca.


  • Pengetahuan adalah kekuatan bila dipraktekkan

Memiliki pengetahuan adalah kekuatan terbesar yang dimiliki seseorang. Bekerjalah dengan menggunakan pengetahuan dan kreativitas yang Anda miliki.

Melalui buku, Anda bisa memperluas pikiran, terbuka pada hal-hal baru dan bahkan merubah diri Anda menjadi seseorang yang baru.

Bacalah buku-buku yang menginspirasi, memacu Anda untuk lebih maju meraih kesuksesan dalam hidup. Buku-buku yang berisi pembelajaran yang layak untuk dibaca, sehingga Anda bisa terus meningkatkan ketrampilan dan kemampuan yang sangat membantu Anda untuk sukses.


Hobi Membaca Tidak Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Tidak ada hubungannya antara hobi membaca dengan kekayaan  materi

Meski banyak orang kaya yang hobi membaca, bukan berarti mereka  menjadi kaya hanya setelah banyak membaca. Orang-orang seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg  berusaha kerja keras, kreativitas, dan mempertajam inteligensi mereka dengan membaca,  yang akhirnya mengantar mereka pada kesuksesan.

Terapkan semua ilmu yang Anda baca dari buku, barulah pengetahuan bisa disebut sebagai sumber kekuatan (Knowledge is Power).

 


Komentar